🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

5 Tren Teknologi Teratas Di Tahun 2024 Yang Harus Disiapkan Semua Orang

Bagas Arie
Sekali lagi, kita telah tiba saatnya untuk melihat ke depan mengenai teknologi apa yang akan kita hadapi pada tahun 2024

Rizkyblog.com - Sekali lagi, kita telah tiba saatnya untuk melihat ke depan mengenai teknologi apa yang akan kita hadapi pada tahun 2024. 

Transformasi digital tidak berakhir – ini adalah sebuah proses yang berkelanjutan, dan tren terobosan yang menjadikan tahun 2023 sebagai tahun yang paling bersejarah. tahun-tahun yang menyenangkan bagi inovasi akan terus mengubah dunia kita dengan berbagai cara yang menarik.

Kecerdasan mesin, kaburnya batasan antara dunia nyata dan dunia maya, serta membentuk evolusi internet yang sedang berlangsung, semuanya akan berdampak besar pada kehidupan kita. 

Namun mungkin yang paling penting adalah mencari cara untuk terus tumbuh dan sejahtera sambil meminimalkan kerusakan yang kita lakukan terhadap lingkungan – dan bahkan mungkin membalikkan beberapa kerusakan yang telah terjadi di masa lalu.

Jadi inilah ikhtisar saya tentang tren-tren yang mengubah keadaan ini, beserta prediksi saya tentang bagaimana masing-masing tren tersebut akan berdampak pada kehidupan, masyarakat, dan planet ini.

AI Generatif – Otomatisasi Sehari-hari

Tahun 2023 adalah tahun dimana AI generatif menjadi populer. Tahun 2024 akan menjadi tahun di mana dunia menyadari betapa kuat dan bermanfaatnya hal tersebut. 

Saat ini, jika Anda bukan ahli teknologi, ungkapan kecerdasan buatan (AI) saja dapat menimbulkan rasa takut – jika Anda tidak khawatir akan hal itu akan mengambil alih dunia atau menghancurkan umat manusia , Anda mungkin akan dengan gugup menunggunya. untuk mencuri pekerjaan Anda dan membuat Anda mubazir.

Namun seiring dengan penerapan AI generatif pada lebih banyak aplikasi yang kita gunakan sehari-hari, mulai dari mesin pencari hingga perangkat lunak perkantoran, paket desain, dan alat komunikasi, orang-orang akan memahami potensinya. Jika digunakan dengan benar, ini seperti memiliki asisten pribadi super cerdas yang siap sedia 24/7, menjadikan kita lebih efisien, cepat, dan produktif.

Yang paling penting, dengan menyerahkan pekerjaan kasar kita sehari-hari – memperoleh informasi, menjadwalkan, mengelola kepatuhan, mengatur ide, menyusun proyek – kepada AI, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memanfaatkan keterampilan manusia yang sebenarnya. 

Kita akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berkreasi, mengeksplorasi ide-ide baru dan pemikiran orisinal, atau berkomunikasi dengan manusia daripada mesin pemrograman. 

Meskipun ada banyak tantangan seputar etika dan regulasi yang masih harus diselesaikan, saya yakin tahun 2024 akan menjadi tahun di mana semua orang mulai memahami betapa transformatifnya AI generatif terhadap kehidupan kita.

Dunia nyata dan dunia digital semakin saling terkait. Teknologi seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan internet yang imersif meruntuhkan penghalang antara dunia fisik dan domain digital tempat kita menghabiskan lebih banyak waktu. 

Lebih dari sebelumnya, kita hadir sebagai avatar digital dalam lingkungan virtual. Hal ini berlaku untuk dunia kerja, dimana kita berkolaborasi secara jarak jauh melalui platform seperti Zoom, Teams, dan Slack, serta bermain game, dimana game online dan e-sports menjadi lebih populer dari sebelumnya. 

Kami menggunakan aplikasi sosial seperti TikTok dan Instagram untuk menciptakan ruang virtual tempat kami berbagi momen dari kehidupan “nyata” – yang dikurasi dan disaring untuk menciptakan kepribadian digital yang menjadi diri virtual kami .

Di berbagai industri, kita melihat konsep ini muncul dalam bentuk kembaran digital – representasi virtual dari objek, sistem, atau proses di dunia nyata. 

Hal ini bisa sesederhana komponen individual atau rumit seperti keseluruhan kota atau bahkan ekosistem. 

Yang penting, kembaran digital dibangun dari data yang diambil dari data di dunia nyata. Kemajuan dalam ilmu genomik berarti kita dapat memecah esensi dasar kehidupan ke dalam kode digital, yang kemudian dapat dimanipulasi dan dibangun kembali di dunia nyata untuk merekayasa obat-obatan baru dan memberantas penyakit.

Pada tahun 2024, kita akan semakin melihat semakin berkurangnya perbedaan antara dunia nyata dan dunia maya. Ini berarti dunia digital menjadi semakin realistis, dan dunia nyata menjadi fleksibel dan mudah dibentuk seperti dunia digital.

Teknologi Berkelanjutan

Teknologi berkelanjutan akan terus menjadi pusat perhatian pada tahun 2024 seiring dengan upaya negara dan perusahaan untuk memenuhi komitmen net-zero. 

Pada saat yang sama, individu akan semakin memanfaatkan teknologi untuk meminimalkan dampak pribadi mereka terhadap lingkungan.

Teknologi berkelanjutan mencakup cara-cara yang lebih ramah lingkungan dalam melakukan hal-hal yang sudah kita lakukan – seperti mobil listrik, sepeda, dan angkutan umum yang akan terus meningkatkan pangsa pasarnya pada tahun 2024. 

Teknologi ini juga mencakup solusi baru terhadap permasalahan lingkungan, seperti penangkapan karbon dan penyimpanan , serta teknologi energi hijau dan terbarukan. 

Ekonomi sirkular akan menjadi konsep yang semakin penting karena ketahanan, kemampuan daur ulang, dan penggunaan kembali sudah tertanam langsung dalam produk pada tahap desain. 

Dan dunia teknologi akan semakin merangkul ide-ide seperti komputasi awan ramah lingkungan (green cloud computing) , di mana infrastruktur dan layanan memprioritaskan pengurangan konsumsi energi dan emisi karbon serta aplikasi berkelanjutan – perangkat lunak yang dirancang untuk membantu kita hidup dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Tantangan yang harus dihadapi oleh pengembang dan pengguna teknologi berkelanjutan pada tahun 2024 mencakup kebutuhan untuk mengembangkan metode yang etis dan berkelanjutan dalam mencari dan mengekstrak bahan yang diperlukan untuk perangkat manufaktur, tuntutan infrastruktur yang disebabkan oleh perubahan kebiasaan konsumen seperti penggunaan kendaraan listrik, dan potensi kesenjangan antara kelompok geografis atau sosio-ekonomi yang berbeda dalam kemampuan mereka mengakses alternatif ramah lingkungan. 

Kita juga akan semakin waspada terhadap adanya greenwashing – upaya dangkal yang semata-mata bertujuan untuk menghasilkan PR positif seputar teknologi tertentu.

Ketahanan Dunia Maya

Penelitian menunjukkan bahwa satu dari dua bisnis telah menjadi korban serangan siber yang sukses dalam tiga tahun terakhir, dan kerugian yang ditimbulkan oleh serangan ini terhadap industri diperkirakan akan meningkat hingga lebih dari $10 triliun pada akhir tahun 2024. 

Dalam menghadapi dampak yang cepat ini, ancaman yang kian meningkat, solusi teknologi yang dirancang untuk memperkuat pertahanan dan memberi kita peluang untuk berjuang merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap organisasi.

Ketahanan siber lebih dari sekadar keamanan siber, karena ketahanan siber juga merangkum langkah-langkah yang dapat diambil untuk memulihkan dan memastikan kesinambungan ketika pertahanan dibobol atau karena keadaan di luar kendali kita. 

Hal ini mungkin berarti menerapkan prosedur kerja jarak jauh untuk memastikan bisnis dapat berfungsi ketika staf tidak dapat pergi ke lokasi pusat – sebuah solusi teknologi yang biasanya tidak dianggap sebagai elemen keamanan siber.

Otomatisasi pertahanan siber melalui AI dan pembelajaran mesin, kerangka kerja terintegrasi yang menggabungkan langkah-langkah keamanan dengan protokol kontinuitas, dan kesadaran akan faktor-faktor sosial mulai dari serangan rekayasa sosial hingga pemadaman hubungan masyarakat merupakan elemen penting dari setiap strategi ketahanan siber.

Ancaman dunia maya kini semakin canggih, dan persaingan untuk menghadirkan solusi baru yang memanfaatkan teknologi terobosan seperti AI ke pasar semakin ketat. 

Hal ini memastikan bahwa ketahanan siber akan menjadi tren yang semakin menonjol sepanjang tahun 2024 di seluruh teknologi bisnis dan konsumen.

Komputasi Kuantum

Ada desas-desus yang berkembang seputar komputasi kuantum selama beberapa waktu terakhir, dan saya yakin tahun 2024 akan menjadi tahun di mana hal ini akan bertransisi menuju manfaat nyata. 

Komputer kuantum mampu melakukan kalkulasi dalam jumlah besar secara bersamaan dengan memanfaatkan elemen fisika kuantum yang aneh dan menakjubkan, seperti keterikatan kuantum dan superposisi. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk beroperasi menggunakan bit kuantum (qubit) yang dapat berada di beberapa keadaan secara bersamaan, bukan keadaan 1 atau 0, seperti bit komputer tradisional.

Investor awal dalam teknologi kuantum termasuk bank dan organisasi jasa keuangan yang berharap dapat meningkatkan kekuatan sistem AI yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir untuk tujuan deteksi penipuan, manajemen risiko, dan perdagangan frekuensi tinggi.

Komputasi kuantum tidak mempercepat setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan komputer, namun pada tahun 2024, saya pikir kita akan mulai melihat manfaatnya ketika diterapkan di berbagai bidang komputasi, termasuk penemuan obat, pengurutan genom , kriptografi, meteorologi , ilmu material, optimalisasi sistem yang kompleks seperti arus lalu lintas melalui kota-kota besar, dan bahkan pencarian kehidupan di luar bumi .

Ini semua adalah bidang yang memiliki potensi besar untuk memecahkan tantangan yang kita dan planet kita hadapi, dan saya sangat bersemangat untuk mengetahui terobosan apa yang akan dicapai dengan bantuan komputasi kuantum dalam waktu dekat.

Mau donasi lewat mana?

BCA - Rizky Kharisma Negari (0097107746)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.

Post a Comment

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode


  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.